Kebanggaan atau Kesombongan??

Kawan, pernahkah terbesit dalam benakmu bahwa kebanggaan yang kamu lakukan lebih dekat maknanya kepada kesombongan? Sebelumnya simak  contoh berikut ini: “tahun ini Ali mendapat perguruan tinggi negeri ternama di negeri ini, lantas ia berbangga hati selama kuliah di perguruan tinggi tersebut, menyebut-nyebut dirinya saat ini kuliah di perguruan tinggi tersebut, membeda-bedakan universitasnya dengan universitas lain dengan membandingkan keunggulan dan kelemahan dari universitas teman SMAnya dulu”

Terkadang contoh seperti di atas dilakukan secara sadar, dengan menganggapnya sebagai suatu kebanggaan. Padahal kebanggaan itu sendiri harusnya lebih dekat dengan sikap rendah hati. Sejatinya kelebihan, kemampuan atau keberhasilan kita tidak luput dari sentuhan Allah subhanahu wata a’la, bukan karena hanya usaha kita saja.

Jadi, boleh memang untuk berbangga hati, hanya saja jangan lupa untuk memadukannya dengan kerendahhatian. Karena jika kita salah langkah, akibatnya akan fatal. Banyak kerugian-kerugian yang akan di derita seperti pengucilan oleh orang-orang sekitar, menjadi buah bibir yang tidak sedap, popular karena keburukannya dan lain sebagainya.

One thought on “Kebanggaan atau Kesombongan??

  1. alice pngen ..... mengatakan:

    Wew

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s