About Saddam Hussein

Tak sedikit yang tahu tentang Saddam Hussein. Seorang presiden Irak yang menjabat selama 22 tahun lamanya. Banyak orang mempunyai dua opini tentang Saddam Husein, selain sebagai diktator -yang banyak orang menganggapnya pemimpin yang kejam karena telah melakukan pembantaian terhadap warganya sendiri yaitu, suku Kurdi-. Beliau juga dikenal sebagai Pemimpin Timur Tengah yang berani melawan imperialisme Barat.

Menjelang menuju kursi kepresidenan, Beliau sadar betul akan menjadi pusat perhatian AS, Israel dan Iran. Karena negara Irak sendiri juga merupakan termasuk negara pemasok minyak terbesar didunia.

Mengenai kejahatan genosida yang dilakukan olehnya kepada suku Kurdi, ada alasan yang saat ini masih membingunkan saya, yaitu tentang PAN-Arabisme atau Nasionalisme Arab, paham yang beliau ambil dari Bapak Nasionalisme Timur Tengah, Gamal Abdu Nasser. Sangat jelas yang dimaksud paham tersebut bahwa paham ini menyangkut ras bukan agama atau sekte, hal ini telah menyinggung satu suku di Timur Tengah yang bukan merupakan dari Bangsa Arab (baca: Persia). Tapi saya yakin betul, sebenarnya paham ini juga ingin menyinggung satu sekte, sebut saja Syi’ah –yang paling banyak dianut oleh warga Iran-. Nah, karena PAN-Arabisme ini pula yang menyebabkan Saddam Hussein ingin melenyapkan suku Kurdi di tanah Irak. Ini terjadi karena suku Kurdi masih satu ras dengan Persia dan beliau juga menganggap suku Kurdi adalah penghalang bagi nasionalisme Arab di Irak. Tapi, saya masih tak percaya bahwa Saddam Hussein telah membunuh seluruh suku Kurdi. Jika dilihat, Saddam Hussein merupakan seorang Sunni, dan suku Kurdi walapun terbilang masih bersaudara dengan Bangsa Persia tetapi mayoritas suku Kurdi adalah sunni. Jadi, menurut saya masih sulit untuk mengatakan bahwa beliau membunuh suku Kurdi sunni (tapi opini saya ini tak berarti bahwa syi’ah halal untuk dibunuh). Selain itu, kejahatan genosida ini pun tak lepas juga dari peran AS dalam menyumbangkan gas racunnya ke Irak.

Setiap manusia pasti ada kelebihan dan kekurangan, seperti halnya Saddam Hussein. Maka tak salah pula jika saya mengagumi beliau. Saya selalu mengagumi setiap pemimpin Timur Tengah yang mampu membuat AS ataupun Israel ketar-ketir. Kekhawatiran mereka terlihat dari cara-cara mereka untuk menjatuhkan Saddam Hussein. Segala cara telah mereka lakukan mulai dari pembunuhan, bantuan untuk minoritas tertindas di Irak hingga penipuan publik. Walapun pada akhirnya Sang Singa Padang Pasir pun kalah dikandangnya sendiri, tapi perjuangannya sudah terlampau hebat karena telah melawan begitu banyak musuh-musuhnya.

One thought on “About Saddam Hussein

  1. maya mengatakan:

    love saddam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s